Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal Di Dunia, Penasaran Penyerangan Isis.jpg
in

Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia!

Dafunda Gokil – Jika kita semua hal yang mencakup sebuah agama itu menuju ke hal – hal yang sangat baik. Bahkan, setiap agama memiliki keyakinan yang berbeda – beda tetapi tetap bersatu dan hidup rukun satu sama lain. Itu membuktikan keindahan suatu agama yang dijalankan.

Tetapi, setiap agama juga memiliki sisi gelap yang jarang kita ketahui, agama seringkali ternoda oleh segelintir orang yang mengatasnamakan perang suci untuk merusak dan membinasakan. Hal itu pasalnya diawali dengan hal dengki dan keegoisan kaum fanatik yang mengkapling-kapling surga hanya untuk umatnya sendiri, padahal tidak ada pendahulu mereka yang pernah balik dari surga dan bercerita kepada mereka.

Kita pun mengerti kalau tidak ada satupun manusia yang tahu akan terlahir dari suku dan agama apa. Jadi, kalau kita menghakimi seseorang pendosa, kafir, calon penghuni neraka dan sebagainya hanya karena berbeda, apakah itu masuk akal?. Nah mengenai hal itu,  Inilah Kisah Tragis Dibalik Keindahan 10 Tempat Ibadah Terkenal di Dunia, Penasaran? Cek dibawah ini.

ARTIKEL TERKAIT
10 Gambaran Kehidupan Zaman Dulu dan Zaman Sekarang (Bagian 2)

Mengerikan! Inilah Kisah Tragis Dibalik Keindahan 10 Tempat Ibadah Terkenal di Dunia, Penasaran?


1. Konflik Berdarah di Gereja ‘Glastonbury Abbey’

Mengerikan Inilah Kisah Tragis Dibalik Keindahan 10 Tempat Ibadah Terkenal di Dunia Penasaran Konflik Berdarah Gereja Glastonbury Abbey - Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia! | Dafunda Gokil

Glastonbury Abbey merupakan Gereja bergaya gotik umat Kristen Katolik yang sangat bersejarah di Negara Inggris. Karena di tempat inilah sang pengeran Arthur yang termasyhur dimakamkan. Dibangun pada tahun 712 masehi, Gereja Glastonbury Abbey menjadi tempat yang disucikan dan dihormati umat nasrani. Namun, pada tahun 1539 gereja bersejarah ini hancur justru karena perselisihan antar umat kristen sendiri.

Penyebab konflik berdarah ini adalah karena Raja Henry VIII yang saat itu menjadi penguasa Inggris memaksakan kehendaknya kepada Paus Roma, agar ia diperbolehkan menceraikan permaisurinya sehingga bisa menikahi selingkuhannya Anne Boleyn.

Alasan Raja Henry sang permaisuri Catarina d’Aragón yang tak lain mantan istri dari almarhum kakaknya Athur, tidak bisa menghasilkan keturunan dari benih Henry dan ia menganggap pernikahan mereka tidak sah dimata Tuhan dan menentang ajaran Alkitab. Sehingga ia ingin Paus membatalkan pernikahannya, dengan modus terselubung bercerai agar bisa menikah dengan si montok Anne Boleyn.

ARTIKEL TERKAIT
Mengenal Museum Penyiksaan Manusia Paling Mengerikan di Dunia, Yakin Berani?

Mengerikan Inilah Kisah Tragis Dibalik Keindahan 10 Tempat Ibadah Terkenal di Dunia Penasaran Konflik Berdarah Gereja Glastonbury Abbey 2 - Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia! | Dafunda Gokil

Namun dalam keyakinan kristen Katolik tidak mengenal kata perceraian, dan sepasang suami istri hanya bisa dipisahkan oleh maut dan kematian saja. Oleh sebab itu Paus Roma tentu saja tidak mau mengabulkan niat cabul dari Raja Henry VIII.

Diam-diam sang Raja menahan amarahnya, dan imbasnya terjadi pada kehancuran Gereja Katolik dan penyiksaan Biarawan di seluruh wilayah Inggris. Setelah itu terjadi Reformasi Inggris besar-besaran, tepat di abad ke 16 Gereja Inggris resmi memisahkan diri dari kedaulatan Gereja Katolik Roma yang dipimpin oleh Sang Paus. Setelah itu, Raja Henry VIII sendiri memegang otoritas penuh sebagai Kepala Tertinggi Gereja Inggris.


2. Patung Budha BamIyan

Mengerikan Inilah Kisah Tragis Dibalik Keindahan 10 Tempat Ibadah Terkenal di Dunia Penasaran Patung Budha BamIyan - Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia! | Dafunda Gokil

Patung Buddha Bamiyan ini merupakan situs bersejarah yang unik. Diperkirakan dibangun pada abad ke 6 masehi, patung buddha ini dipahat secara langsung di sebuah dinding batu yang tinggi. Di awal abad ke 21 ini, hampir tidak ada penduduk Afghanistan yang beragama Buddha, sehingga oleh militan Taliban, patung pemujaan umat Buddha tersebut diruntuhkan dengan dinamit peledak.

ARTIKEL TERKAIT
Ngeri Banget! Telan Korban, Ratusan Buaya ini Dibantai Habis Oleh Warga Sorong

Aksi tersebut tentunya mendapat kecaman keras dari berbagai negara diseluruh belahan dunia, tidak hanya dari negara yang mayoritas penduduknya buddha saja tapi juga dari umat Islam dan umat agama lainnya. Ini semua dikarenakan selain masalah intoleran, tapi juga termasuk perusakan terhadap situs kekayaan warisan sejarah dunia.


3. Masjid Agung Aleppo

Mengerikan Inilah Kisah Tragis Dibalik Keindahan 10 Tempat Ibadah Terkenal di Dunia Penasaran Masjid Agung Aleppo - Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia! | Dafunda Gokil

Masjid agung Aleppo merupakan masjid bersejarah yang telah berdiri sejak abad ke 8. Tidak hanya dihormati oleh umat muslim, masjid ini juga dihormati oleh umat kristen karena dalam masjid ini tersimpan jasad nabi zakaria ayah dari nabi Yahya yang menurut umat kristen disebut Yohanes pembaptis.

Namun menara masjid yang sudah berusia 925 tahun akhirnya runtuh pada tahun 2013 akibat serangan bom pada perang saudara di Suriah. Sangat disayangkan karena masjid ini merupakan salah satu bangunan tempat ibadah yang sangat bersejarah dan terkenal di dunia.


4. Templo Mayor

Miris Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia Penasaran Templo Mayor - Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia! | Dafunda Gokil

Templo Mayor merupakan sebuah piramida raksasa yang terletak di ibu kota kerajaan Aztec yaitu Tenochtitlan yang kini dikenal dengan Mexico City. Pada tahun 1520 para penakluk dari Spanyol membantai dengan kejam ribuan warga Aztec tak berdosa yang sedang merayakan salah satu hari raya besar keagamaan mereka.

Karena tidak bisa menerima perbedaan dan menganggap kaum ini tidak mengenal Tuhan, para penjajah kemudian memusnahkan agama leluhur suku Aztec yang dianggap bertolak belakang dengan kepercayaan yang mereka anut. Walaupun berdalih demikian, pembantaian tersebut tidak dibenarkan karena mereka membunuh semua orang termasuk wanita dan anak-anak kecil yang tidak bersenjata.

ARTIKEL TERKAIT
Mengerikan, Inilah 5 Alat Penyiksaan Wanita Paling Sadis Sepanjang Sejarah!

Piramida raksasa yang dipakai sebagai tempat pemujaan Dewa Tezcatlipoca suku Aztec itu pun akhirnya dihancurleburkan, kemudian didirikan katedral baru alias gedung gereja katolik yang di dalamnya terdapat tempat duduk khusus bagi uskup.


5. Gereja Kelahiran Yesus Kristus!

Miris Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia Penasaran Gereja Kelahiran Krists - Miris! Inilah 10 Kisah Tragis Dibalik Keindahan Tempat Ibadah Terkenal di Dunia! | Dafunda Gokil

Gereja kelahiran di Bethlehem adalah gereja yang dipercaya dibangun di atas tanah kelahiran Sang Mesias Yesus Kristus. Dibangun oleh kaisar romawi Konstantine dan ibunya, Helena pada tahun 327 masehi, gereja ini menjadi gereja yang sangat disucikan oleh umat nasrani. Namun tragisnya bangunan suci bersejarah ini pernah menjadi salah satu tempat konflik bersenjata antara Pasukan Palestina dan Israel yang merusak beberapa ornamen bersejarah gereja yang sudah berusia ratusan tahun tersebut.

Sekarang ini gereja kelahiran Yesus Kristus telah menjadi situs warisan dunia milik palestina yang disahkan resmi oleh UNESCO. Meskipun pengakuan ini sempat ditentang keras oleh Pemerintah Israel dan Amerika Serikat.


Kisah Tragis Tempat Ibadah Terkenal Lainnya ada dilaman Selanjutnya!

Syaipul.A

Dafunda Gokil Team, Suka K-pop lebih dari Apapun

Ayo mulai berdiksusi