Tahu Tidak Siapa Garuda Yang ada di Lambang Negara Indonesia? Ini Jawabannya!


siapa garuda yang ada di lambang Bangsa Indonesia

Perkenalkan Garuda Pancasila! Sang garuda gagah lambang pemersatu bangsa Indonesia. Namun kamu tahu tidak siapakah sosok garuda sebenarnya? Benarkan burung Garuda memang benar-benar ada?

Diseluruh dunia, ternyata ada dua negara yang menjadikan garuda sebagai lambang negara yaitu negara Indonesia dan Thailand. Namun jika dibandingkan garuda milik Indonesia lebih terasa “burung banget”.

Burung Garuda Dirancang Oleh Sultan Hamid dua

siapa garuda yang ada di lambang Bangsa Indonesia

Mungkin inilah yang bisa membuat kita penasaran dan bertanya-tanya apa garuda itu ada, atau jangan-jangan garuda ini memang sejenis burung. Tetapi coba kita lihat dulu Garuda Pancasila mula-mula yang dirancang oleh Sultan Hamid dua. Masihkan terasa dengan burung banget?

Jika kita melihat sejarahnya, sosok Garuda Pancasila bisa jadi memang terinspirasi dari Garuda, hewan mitos tunggangan Dewa Wisnu. Garuda adalah makhluk setengah dari burung dan setengah manusia yang gagah berani. Karena Wisnu adalah dewa pemelihara, sejak dulu Garuda dianggap sebagai lambang kemakmuran.

siapa garuda yang ada di lambang Bangsa Indonesia

Jadi sebelum Indonesia, sebetulnya ada yang jauh lebih dulu menggunakan Garuda sebagai lambang yaitu Raja Airlangga dari kerajaan Kahuripan.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Meme Sambut Bulan Puasa Ini Bakal Buat Kamu Cepat-cepat Tobat!

Karena lahir dari mitologi dan cerita rakyat, si Garudamungkin cuma bisa kita temui di Candi-candi, pasar seni dan juga di internet. Tetapi rupanya Indonesia punya satwa khas yang sangat mirip dengan Garuda, siapa dia?

Elang Jawa (Spizaetus Bartelsi) dianggap Mirip dengan Garuda

siapa garuda yang ada di lambang Bangsa Indonesia

Burung satu ini memang mirip dengan Garuda sampai dinobatkan sebagai satwa nasional Indonesia. Kamu bisa melihat dari jambulnya dan warna bulunya.

Sayangnya elang yang sempat merajai langit Jawa Barat dan Jawa Timur ini sudah makin jarang kelihatan. Selain siklus perkembangbiakan nya lama, habitat Elang jawa ini juga semakin sedikit.

siapa garuda yang ada di lambang Bangsa Indonesia

Akhirnya elang Jawa kesulitan mangsa dan mengakibatkan populasi elang Jawa semakin tercancam punah. Jumlah mereka saat ini bahkan tinggal beberapa ratus ekor saja.

Untuk itu kita tetap perlu melestarikan para elang jawa ini, jangan sampai anak cucu kita cuma bisa melihat Garuda di tembok kelas saja.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Bingung
0
Bingung
Sedih
0
Sedih
Marah
0
Marah
Suka
0
Suka
Ngakak
0
Ngakak
Takjub
0
Takjub
Kautsar Juhari

Founder & CEO Dafunda Community. Anime Favorit saya Gintama, Film Favorit Forrest Gump, dan Game yang paling sering saya mainkan adalah Pro Evolution Soccer.

0 Komentar

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik