blank - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil
in

Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini!

Bermain game memang disukai setiap orang di dunia ini, namaun game tersebut juga bisa membahayakan dirimu loh. Salah satu dampak negatif yang susah dihindari adalah sulitnya mengurangi waktu bermain dan memiliki kecanduan dalam bermain game.

Meskipun memiliki efek buruk, bermain game terkadang juga mempunyai sisi baik. Gamer pastinya merasa stress yang dialaminya berkurang, dan kemampuan otak dan kemampuan untuk berpikir kritis seseorang bisa menignkat. Jadi kalian ingin tahu apa yang dialami tubuhmu jika terlalu sering bermain game? Baca ulasan berikut.

10 Efek yang terjadi di tubuhmu jika main game terlalu lama:

Meninggal karena trombosis

efek main game 1 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Ada suatu kondisi di mana seorang bisa terkena ‘trombosis vena dalam”. Ha ini terjadi karena sering duduk terlalu lama. Kejadian ini pernah menimpa seorang gamer asal Inggris yang meninggal dunia karena gumpalan darah akibat trombosis. Setelah diteliti penyebabnya adalah karena dia terlalu sering duduk bermain game, hampir 12 jam setiap harinya.

Terkena serangan jantung

efek main game 2 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Sebuah kejadian tragis lainnya dialami oleh gamer asal Hongkong. Pria berusia 32 tahun tersebut ditemukan tewas di wanet karena bermain game selama 3 hari tanpa henti. Diketahui penyebab kematian pria tersebut karena gagal jantung. Kondisi yang menimpa pria tersebut terjadi karena efek imobilitas, suhu dingin, dan kelelahan akibat kurang tidur. Penjaga warnet mengatakan jika pria itu sering menginap selama berhari-hari hanya untuk bermain game.

ARTIKEL TERKAIT
15 Foto Aktor China Dulu vs Sekarang yang Bikin Nostalgia

Cedera Nintendinitis

efek main game 3 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Nintendinitis merupakan kondisi cedera karena bagian anggota tubuh terlalu sering melakukan perenggangan. Para gamer sering mengalami kondisi ini, apalagi bagi mereka yang bermain game menggunakan joystick. Jari-jari tangan mereka memencet tombol sangat sering dan dalam waktu yang lama. Selain itu, kondisi ini juga terjadi pada bagian tubuh lain yergantung kondisinya.

Sakit punggung

efek main game 4 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Sebuah studi pada tahun 90-an melaporkan bahwa nyeri punggu yang muncul ternyata berkorelasi dengan kegiatan seperti menonton TV dan bermain video game. Laporan tersebut juga mencata jika bermain game bisa mengakibatkan nyeri punggu yang serius.

Merusak mata

efek main game 5 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Tak hanya ketika bermain game sih, bagi setiap orang yang acap kali menatap layar monitor atau gadget pasti mengalami hal ini. Kondisi yang bisa menimpa siapa pun ini juga disebut Computer Vision Syndrome (CSV). Hal ini bisa menyebabkan berbagai masalah seperti ketegangangan pada area mata. Kondisi ini bisa menjadi lebih buruk juga kita menatap loayar di ruangan yang minim pencahayaan.

ARTIKEL TERKAIT
Kamu Pasti Takjub Melihat 15 Foto Asli Bukan Editan Photoshop ini

Mempengaruhi otak

efek main game 6 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Jika kita bermain game terlalu sering tanpa disadari otak juga mendapat pengaruh. Sebuah studi menyebubkan jika bermain game terlalu lama bisa mempengaruhi otak sepenuhnya. Apalagi untuk anak-anak yang memiliki jam main hingga 9 jam per minggu. Otak akan menciptakan sebuah pusat candu yang membuat mereka selalu ingin bermain game terus menerus.

Berpotensi kejang bagi penderita epilepsi

efek main game 7 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Jika kamu penderita epilepsi maka ada baiknya berhati-hati saat bermain video game terlalu sering. Studi mengungkapkan mayoritas penderita epilepsi akan mengalami kejang saat bermain video game yang melelahkan.

Rentan terkena obesitas

efek main game 8 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Kebiasaan dari seorang gamer adalah duduk terus menerus tanpa ada olahraga. Hal ini tentunya akan membuat sang gamer cenderung berpotensi terkena obesitas.

Kecanduan video game

efek main game 9 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Seperti yang telah di jelaskan pada poin enam, kecanduan bermain game sangat sulit untuk diatasi. Tak hanya pada anak-anak, orang dewasa biasanya bermain game untuk melepas stress hingga ada kemungkinan mereka untuk mengasingkan diri ke dunia game.

ARTIKEL TERKAIT
Ini Nih Alasan Kenapa Young Lex Ngamuk Pas Konser di Serang!

Membuat kinerja otak meningkat

efek main game 10 - Sering Bermain Game Terlalu Lama, Tubuh Kamu Akan Mendapat Efek Ini! | Dafunda Gokil

Kali ini efek positif dari bermain game adalah bisa meningkatkan kinerja otak. Namun, tentu saja dalamp porsi bermain yang tepat. Jika bermain game yang memiliki mekanisme gameplay yang berbeda, area otak yang mengurus fungsi navigasi game, memori, perencanaan strategis, dan keterampilan motorik halus akan meningkat. Selain itu, strategi yang digunakan dalam bermain game juga mempengaruhi hal tersebut.

Kautsar Juhari

Founder Dafunda Community. Menghabiskan waktu luang dengan bermain Game Pro Evolution Soccer. Film terbaik menurut saya Forrest Gump, dan Anime kesukaan Gintama.

Ayo mulai berdiksusi