Inilah 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan! Dafunda Coom
in

Inilah 10 Pulau Hantu Misterius di Dunia, Hilang Atau Memang Tidak Pernah Ada?

Apakah kalian tahu, pada zaman dahulu banyak sekali perjalanan yang sangat jauh dilakukan oleh para manusia untuk menemukan sesuatu misteri dan lainnya. Para penjelajah tersebut dituntut untuk menemukan sebuah daratan baru ataupun sebuah pulau yang akan menjadi pusat penelitian pada zaman tersebut.

Menariknya, beberapa dari penjelajah tersebut berhasil menemukan beberapa pulau baru yang tidak diketahui sebelumnya. Tapi, ketika dilakukan ekspedisi ulang oleh penjelajah berbeda, keberadaan pulau yang dimaksud ternyata tidak ada. Benarkah pulau yang ditemukan tersebut benar-benar ada? Atau jangan-jangan hanya imajinasi atau pulau hantu? Berikut 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan! Penasaran? cek dibawah ini.

Inilah 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan!


1. Thule

Inilah 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan Pulau Thule - Inilah 10 Pulau Hantu Misterius di Dunia, Hilang Atau Memang Tidak Pernah Ada? | Dafunda Gokil

Tahukah kalian, sekitar tahun 325 SM, ada seorang navigator Yunani yang bernama Pyhteas. Pytheas pergi dari rumahnya di Marseilles. Di jaman dulu maupun sekarang, Marseilles tetap berfungsi sebagai kota pelabuhan di Perancis. Pytheas memutuskan pergi dari kota Marseilles, menuju ke Utara melalui Samudra Atlantik. Ia adalah orang yang pernah menjelaskan tentang Britania Raya dan sebuah pulau misterius, Thule.

ARTIKEL TERKAIT
Percaya Atau Tidak, 3 Tempat Indah di Indonesia ini Diyakini Hasil Tangan dari Para Jin!

Anehnya disini, kisah Pytheas ini tiba-tiba lenyap, dan kini kita hanya tahu tentang kisah Strabo si ahli geografi beserta penulis klasik lainnya. Oleh Strabo, penemuan Thule oleh Pytheas tersebut dianggap omong kosong. Oleh Ptolemy, Thule ditambahkan ke peta dunia miliknya dan peta tersebut diterbitkan sekitar tahun 100 SM.

Thule digambarkan sebagai pulau besar di Utara Britania yang muncul di abad ke-17. Oleh pelajar jaman dahulu, mereka berkeyakinan bahwa Pytheas berlabuh di Utara Britania dan menemukan sebuah pulau yang diyakini antara Pulau Shetlands, Faroes, atau Islandia.


2. Hy Brasil

Inilah 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan Pulau Hy Brasil - Inilah 10 Pulau Hantu Misterius di Dunia, Hilang Atau Memang Tidak Pernah Ada? | Dafunda Gokil

Keberadaan tentang Pulau Hy Brasil ini cukup dipertanyakan. Diceritakan bahwa Hy Brasil adalah pulau ajaib yang berada di tepi panta Irlandia. Pulau ini tertutup oleh kabut tebal selama 7 tahun dan hanya menampakkan diri sekali saja dalam kurun waktu tersebut. Sangat mirip seperti pada Pulau Saint Brendan’s Isle dan Antillia.

Hy Brasil pertama kali muncul di Portolan Charts di awal abad 14 dan di tahun 1498 ketika John Cabot melakukan ekspedisi mencari keberadaan pulau tersebut. Cabot memang gagal menemukan Hy Brasil, namun banyak yang dilaporkan berhasil mengunjungi pulau tersebut di abad 17.

ARTIKEL TERKAIT
Jarang Diketahui, Ternyata Menahan Kentut Akan Berdampak Buruk!

Dua kartografer terkenal era Renaissance, Abraham Ortelius dan Gerhard Mercator memasukan Hy Brasil ke dalam peta Irlandia. Di abad ke-18, Pulau Hy Brasil hilang dari peta. Namun beberapa pelaut mengatakan bahwa mereka berhasil mengunjungi Hy Brasil.Di tahun 1674, John Nisbet kemabli ke Irlandia dari Perancis dan berlabuh di sebuah pulau. Di pulau tersebut, Nisbet bahkan memberikan seorang pria beberapa karung emas.


3. Phélypeaux dan Pontchartrain islands

Inilah 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan Pulau Phelypeaux dan Pontchartrain islands 300x169 - Inilah 10 Pulau Hantu Misterius di Dunia, Hilang Atau Memang Tidak Pernah Ada? | Dafunda Gokil

Tepat di tahun 1783, terdapat sebuah danau besar dinamakan Lake Superior. Danau ini begitu besar dan menjadi pembatas antara Amerika dan Kanada. Di danau tersebut dipercaya ada 2 pulau besar dan kedua pulau tersebut akhirnya dimasukan ke dalam peta. Kedua pulau tersebut dimasukan ke dalam Perjanjian Paris atau Paris Treaty antara Amerika dan Britania. Dalam perjanjian tersebut, kedua pulau ini jatuh ke tangan Amerika.

Tahun 1720, kedua pulau tersebut dinamakan setelah Louis Phelypeaux, Comte de Pontchartrain, dan sekertaris angkatan laut Perancis. Perwira Perancis berpikir, jika 2 pulau tersebut ditambahkan ke dalam peta resmi, bisa membuat namanya masuk dalam nobel. Tahun 1720, perwira tersebut meninggal dunia. Diketahui bahwa pulau tersebut ternyata hanya pulau buatan. Di tahun 1820an, ketidakadaan 2 pulau tersebut akhirnya disahkan.

ARTIKEL TERKAIT
Tau Asal-usul THR? Ini Lho Pencetus Tunjangan Hari Raya

4. Buss Island

Inilah 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan Buss Island - Inilah 10 Pulau Hantu Misterius di Dunia, Hilang Atau Memang Tidak Pernah Ada? | Dafunda Gokil

Pencarian bagian Barat Laut dari Eropa menuju Asia dimulai pada tahun 1576 oleh Martin Frobisher. Di perjalanan yang kedua, dengan menggunakan kapal bernama Emmanuel, dikapteni oleh James Newton, mereka berjasil menemukan sebuah pulau yang kaya akan buah dan tumbuhan. Pulau tersebut dinamakan Buss.

Sejak itu, Buss dimasukkan ke dalam peta. Banyak orang kemudian berusaha mencari keberadaan pulau tersebut sampai tahun 1671, seorang pelaut Inggris, Thomas Shepard berhasil berlabuh di Pulau Buss. Oleh Shepard, ia sempat memberi nama di beberapa tempat yang ia injak. Shepard kemudian melakukan perjalanan kedua untuk mencari Pulau Buss. tapi tak berhasil.

Pulau Buss dinyatakan hilang, hilangnya pulau tersebut diduga karena ditelan oleh ombak. Di pertengahan abad 19, kartografer dunia menganggap bahwa Pulau Buss tak pernah ada dan dihilangkan dari peta. Lalu, pulau apa yang sebenarnya Shepard dan kru kapal Emmanuel lihat? Ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.


5. Island of Demons

Inilah 10 Pulau Hantu Misterius Di Dunia Yang Sangat Mengerikan Island of demons - Inilah 10 Pulau Hantu Misterius di Dunia, Hilang Atau Memang Tidak Pernah Ada? | Dafunda Gokil

Tahukah kalian, pada zaman dahulu ada 2 pulau yang dipercaya sebagai rumahnya para iblis, pulau pertama berada di Utara Antillia dan yang satunya berada di Newfoundland. Pulau setan yang berada di Newfoundland ini dinamakan Isle of Demons. Isle of Demons muncul di peta abad ke-16. Kedua pulau iblis ini mulai diragukan keberadaannya oleh banyak orang ketika penemuan Benua Amerika dan cerita dari Marguerite de La Rocque.

ARTIKEL TERKAIT
Misteri Kuldhara, Sebuah Kota Kematian Yang Penduduknya Lenyap dalam Semalam!

Di tahun 1542, Marguerite de La Rocque berlayar bersama Jean Fracois de La Rocque beserta keluarga menuju Perancis Baru. Lalu, Marguerite dihamili oleh salah satu pelaut, dan mereka berdua bersama seorang pelayan, ditinggalkan di Island of Demons.

Sang suami, pelayan, serta anak yang dikandungnya meninggal, dan Marguerite berkelana di pulau iblis tersebut selama 2 tahun. Menurut ceritanya, ia diserang oleh para iblis yang menghuni pulau tersebut. Marguerite kemudian diselamatkan oleh para nelayan Basque dan dibawa ke Eropa.

Di Prancis, Marquerite bertemu dengan Ratu Marguerite de Navarre yang kemudian menjadikan kisahnya sebagai cerita romantis. Namun, ada ketidakcocokan dan rasa dilebih-lebihkan antara cerita yang disampaikan oleh sang ratu dengan cerita aslinya. Ada yang menduga iblis tersebut hanya imjinasi Margurite, ada juga yang menduga bahwa itu adalah orang Amerika asli. Benarkah juga Marguerite dibuang di Island of Demons? Masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang.

Lanjutan Artikel “Pulau Hantu Misterius di Dunia” ada di Laman Selanjutnya

Syaipul.A

Dafunda Gokil Team, Suka K-pop lebih dari Apapun

Ayo mulai berdiksusi