Cocok untuk Koruptor? Inilah 5 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia Sepanjang Sejarah!

Berani Masuk Inilah 5 Penjara Paling Kejam Dan Mengerikan Di Dunia Sepanjang Sejarah! Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Penjara merupakan tempat untuk membuat jera para pelaku kejahatan dan juga tindakan kriminal lainnya. Para pelaku yang sudah dijatuhi hukuman masa tahanan tersebut, harus menjalani masa hukumannya sesuai dengan hasil dari persidangan yang sudah diputuskan.

Indonesia sendiri memiliki sebuah penjara atau lembaga permasyarakatan yang cukup terkenal seram, yaitu Nusa Kambangan. Penjara ini dikhususkan untuk para pelaku kejahatan yang mempunyai kasus kriminal cukup berat. Maka tidak heran jika penjagaan di penjara tersebut sangat ketat sekali.

Namun, tahukah kamu jika di dunia ini ternyata ada penjara yang terkenal lebih kejam dan seram melebihi Nusa Kambangan! Penjara-penjara tersebut tersebar luas di berbagai belahan dunia ini dan menjadi tempat yang mungkin tidak akan pernah mau kamu kunjungi.

Tentu orang – orang yang memasuki penjara tersebut adalah para orang – orang yang sangat berbahaya dan mematikan. Atau sudah memiliki sebuah kesalahan yang sangat fatal.

Mungkin kalian belum pernah membayangkan penjara – penjara seperti berikut ini, karena hal ini hanya pernah terjadi di dunia film. Tidak percaya akan hal itu? Berikut 10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia Sepanjang Sejarah! Cek di bawah ini.

Berani Masuk? Inilah 10 Penjara Paling Kejam dan Mengerikan di Dunia Sepanjang Sejarah!


1. Penjara Tadmor – Suriah

Calon Sarjana

Penjara Tadmor terletak di negara Suriah dan terkenal sebagai salah satu penjara terkejam yang ada di dunia. Hal tersebut dikarenakan berbagai penindasan pernah terjadi di dalam penjara ini.

Kejadian paling brutal yang pernah terjadi di penjara Tadmor yaitu, saat Presiden Hafez Al-Assad datang berkunjung ke sana pada tahun 1980, ia mendapatkan sebuah serangan yang bertubi-tubi dari para narapidana.

Tidak terima dengan perlakuan tersebut, Presiden Hafez Al-Assad memerintahkan para prajuritnya untuk mengeksekusi para tahanan yang terlibat dalam aksi penyerangan kepada dirinya.

Akibat dari eksekusi yang dilakukan itu, setidaknya ratusan nyawa narapidana tewas berjatuhan. Penjara ini sempat ditutup pada tahun 2001, namun dibuka kembali 10 tahun kemudian hingga sampai saat ini.


2. Penjara Carandiru – Brazil

Calon Sarjana

Terletak di Sao Paulo, Brazil, penjara ini telah mengalami beberapa peristiwa yang sangat mengerikan seperti kekerasan dan juga kesehatan. Lingkungan penjaranya yang sangat kotor, membuat para narapidananya sampai terkena virus HIV AIDS.

Tak hanya itu saja, di penjara ini juga pernah terjadi tragedi pembantaian massal yang melibatkan polisi setempat pada tahun 1992. Ratusan korban berjatuhan dan terbunuh pada tragedi yang dinamakan “Carandiru Massacre.”

Tragedi tersebut bermula dari meletusnya perang antar genk di dalam penjara, hingga melebar melibatkan banyak narapidana lainnya.

Namun, polisi di sana mengatasi kondisi itu dengan cara menembaki mereka karena dianggap telah membuat keonaran. Tapi sayangnya tindakan brutal polisi tersebut justru menimbulkan banyak narapidana berjatuhan terbunuh.


3. Penjara Gitarama – Rwanda

Calon Sarjana

Jika ada sebutan ‘neraka’ di bumi, maka penjara Gitarama bisa masuk dalam kategori tersebut. Bagaimana tidak, penjara yang dirancang hanya untuk menampung ratusan tahanan ini, ternyata telah dihuni oleh ribuan narapidana. Penjara inipun pernah dilabeli sebagai penjara terburuk sepanjang masa oleh sebuah media massa.

Ruangan sempit seluas 1 meter, bisa ditempatkan sampai 4 narapidana di dalamnya. Sehingga para narapidana tersebut harus makan dan tidur dengan kondisi yang sangat sempit sekali. Tak hanya itu saja, makanan yang diberikan pun juga tidak layak untuk dimakan. Teriknya sinar matahari juga menjadi musuh mereka di dalam penjara Gitarama.


4. Penjara Diyarbakir – Turki

Calon Sarjana

Awalnya tempat ini adalah sebuah departemen kehamilan, namun berubah fungsi menjadi penjara. Terletak di negara Turki, penjara Diyarbakir terkenal sebagai rumah tahanan yang sangat tidak manusiawi. Banyak narapidana tewas akibat penyiksaan terhadap fisik maupun psikis mereka.

Pada tahun 1996 pernah terjadi sebuah peristiwa yang sangat mengerikan melibatkan polisi dengan para tahanan. Dari tragedi itu tercatat puluhan nyawa tahanan terbunuh karena penyiksaan yang berlebihan.

Sejumlah narapidana sebenarnya telah melakukan protes terhadap pengelolaan dari penjara ini dengan melakukan mogok makan, bahkan sampai ada yang membakar diri.

Namun protes tersebut tidak berhasil dan tetap membuat penjara ini menjadi yang paling mengerikan di Turki. Bahkan penjara Diyarbakir juga pernah memasukkan anak-anak ke dalam sel tahanan dan membuat mereka menjadi budak seumur hidup di sana.


5. Penjara La Sante – Perancis

Calon Sarjana

Penjara La Sante terletak di wilayah Paris, Perancis. Penjara ini terkenal kejam karena para tahanan berkulit hitam menerima tindak kekerasan yang sangat kejam.

Tak hanya itu saja, penjara La Sante juga terkenal brutal di mana banyak kematian yang terjadi di dalamnya. Sistem penjara yang menggunakan hukum rimba, siapa yang kuat maka akan berkuasa, membuat para tahanan yang lemah menjadi korban.

Oleh karena itu kecenderungan untuk melakukan tindakan bunuh diri besar sekali dilakukan, ini kemungkinan karena kondisi hidup yang mengerikan terjadi di dalam penjara La Sante.

Nah itulah 5 penjara paling mengerikan dan kejam di dunia sepanjang sejarah. Nantikan bagian kedua dari deretan penjara yang paling mengerikan hanya di Dafunda Gokil. Jangan lupa beri tanggapan ya.

Source: Calon Sarjana

ARTIKEL TERKAIT
Jadi Budak Hingga Mutilasi, Inilah Hukuman Bagi Para Koruptor di Zaman Mesir Kuno!

Ayo mulai berdiksusi