Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi di Dunia Sepanjang Sejarah!


Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi Di Dunia Sepanjang Sejarah! Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Kalian semua pasti tahu bahwa Indonesia adalah salah satu negara dengan koruptor terebsar di dunia. Bukan tanpa sebab, banyak sekali celah – celah yang menggoda para pemimpin di Indonesia untuk melakukan tindakan koruptor terhadap suatu proyek ataupun pendanaan yang diberikan oleh pemerintah. Tahukah kalian, dari banyaknya koruptor di dunia ini, ada setidaknya 5 nama pemimpin terkorup di dunia sepanjang sejarah.

Tidak tanggung – tanggung, ternyata dari kelima pemimpin di dunia tersebut. Pemimpin yang berasal dari Indonesia ternyata menduduki peringkat pertama. Siapa kah itu? Korupsi seperti apakah yang dia lakukan? Penasaran, berikut ini  5 Pemimpin Terkorupsi di Dunia Sepanjang Sejarah! Cek di bawah ini.

Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi di Dunia Sepanjang Sejarah!


5. Sani Abacha – Diktator Nigeria

Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi Di Dunia Sepanjang Sejarah! Sani Abacha

Awalnya, jalan Militer menjadi salah satu jalan mulus untuk pria ini melakukan tindakan korupsi. Tidak hanya itu, pria kelahiran 20 September 1943 ini juga memerintahkan kedudukannya dengan tangan besi. Tidak tanggung – tanggung, pria diktator ini diberitakan Otoritas Swiss telah menemukan sekitar $ 700 juta aset terkait Abacha sampai saat ini.

ARTIKEL TERKAIT •
Inilah Alasan Kenapa China Larang Netizen Pakai Huruf ‘N’ di Internet!

Tidak hanya itu, Nigeria mengupayakan pemulangan dana senilai $ 480 juta yang telah disita di Amerika Serikat yang masih terganjal proses hukum. Sang Presiden Nigeria itu juga dituduh menggelapkan dana dari bank sentral Nigeria sebesar 2,2 miliar dolar AS. Sang pemimpin pun tumbang pada 1 Agustus 1998 karena kematian mendadaknya yang misterius.


4. Ferdinand Marcos – Filipina

Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi Di Dunia Sepanjang Sejarah! Ferdinan Marcos

Pria bernama Ferdinand Marcos ini telah 20 tahun lamanya berkuasa di Filipina, hal itu juga membuat rakyat Filipina sangat percaya kepada beliau. Awalnya, ia dikenal saat berjasa dalam perlawanan selama invasi Jepang di Filipina pada Perang Dunia II. Darurat Militer selama sembilan tahun yang diterapkan pada 23 September 1972, membuat Marcos leluasa menjalankan aksinya.

Ternyata, kedoknya akhirnya terbongkar. Andres Bautista, kepala Presidential Commission on Good Government, berhasil mengembalikan $ 712 juta yang tersimpan di sebuah rekening rahasia. Tidak hanya itu, beberapa pihak meyakini bahwa selama berkuasa, Marcos diperkirakan mengumpulkan harta sejumlah $5 milliar hingga $ 10 miliar.

Tidak sampai disana, petugas Bea Cukai juga berhasil mendata sekitar 400 mobil seperti Rolls-Royce dan Cadillac milik keluarga Marcos dan rekan-rekannya yang diimpor tanpa membayar bea pajak. Tak lama, sang presiden pun digulingkan raykat pada aksi Revolusi Bunga pada 25 Februari 1986.

ARTIKEL TERKAIT •
Jadi Budak Hingga Mutilasi, Inilah Hukuman Bagi Para Koruptor di Zaman Mesir Kuno!

3. Mobuto Sese Seko – Koruptor rakus Kongo

Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi Di Dunia Sepanjang Sejarah! Mobuto Sese

Awalnya pria ini sudah empat tahun setelah bergabung dengan pergerakan nasionalis pada 1956, Joseph Desire Mobutu atau dikenal sebagai Mobutu Sese Seko mengkudeta pemerintahan nasionalis yang dipimpin Patrice Lubumba. Ia pun dengan cepat naik ke tampuk kepemimpinan pada 1970, setelah melewati serangkaian peristiwa berdarah. Dari situlah tindakan korupsinya mulai berjalan.

Berdasarkan laporan forbes yang dikutip dari Transparency International, Global Corruption Report (2004), Mobutu Sese Seko yang berkuasa sejak 1965 hingga 1997, telah mencuri uang rakyat sebesar $ 5 Miliar. Ia juga melakukan praktik nasionalisasi perusahaan asing di negaranya hingga menyebabkan kelumpuhan ekonomi. Tak hanya itu, butu Sese Seko juga menggelapkan hampir separuh dana bantuan IMF sebesar $ 12 milyar menjelang dirinya lengser pada 1997.


2. Slobodan Milosevic

Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi Di Dunia Sepanjang Sejarah! Slobodan Milosevic

Pria bernama Slobodan Milosevic ini dijuluki sebagai tukang curi dari Balkan. Slobodan Milosevic tampil sebagai pemimpin kejam sekaligus korup pada masanya. Ialah yang menjadi penyebab peperangan di wilayah Eropa seperti konflik Kroasia dan Slovenia pada 25 Juni 1991. Tak hanya itu, Milosevic juga bertanggung jawab terhadap aksi pembersihan etnis Albania yang menyebabkan puluhan ribu nyawa melayang.

ARTIKEL TERKAIT •
Awal mula Drama antara Deddy Corbuzier dan Hari Jasun karena Insiden di Hitam Putih

Dilansir dari Forbes, berdasarkan data Transparency International, Global Corruption Report (2004), Slobodan Milosevic telah menggelapkan uang negara sebesar $ 1 Miliar. Sang diktator akhirnya ditemukan meninggal seorang diri di dalam penjara pada 11 Maret 2006, setelah divonis dalam kasus kejahatan perang, korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.


1. H.M Soeharto – Presiden RI Ke-2

Indonesia Nomor 1, Inilah 5 Pemimpin Terkorupsi Di Dunia Sepanjang Sejarah! M Soeharto

Mengejutkan serta memalukan. Ternyata nama presiden RI ke-2 ini ditempatkan oleh forbes sebagai korupter negara nomor satu di dunia. Dikutip dari Transparency International, Global Corruption Report (2004), Soeharto menggelapkan dana sekitar $ 15 hingga $ 35 Miliar selama pemerintahannya. Di antaranya adalah hasil penyidikan kasus tujuh yayasan Soeharto menghasilkan berkas setebal 2.000-an halaman.

Yayasan Supersemar diketahui telah menghimpun dana sebesar $ 420 juta dan Rp 185 miliar, berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) No 15/1976, yang menentukan 50 persen dari 5 persen sisa bersih laba bank negara. Bahkan menurut tulisan nasional.tempo.co, beberapa lembaga milik Soeharto juga memiliki jumlah dana yang fantastis.

Seperti Yayasan Dana Abadi Karya Bhakti (Rp. 532,5 miliar), Yayasan Dharmais (Rp. 28 Miliar), Rp. 11,2 miliar dikucurkan ke PT. Sempati Nusantara dan Yayasan Trikora (Rp. 26,5 miliar). Sungguh tidak bisa dibayangkan bahwa para pemimpin di dunia ini bisa mengkhianati hasil dari rakyatnya. Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.

ARTIKEL TERKAIT •
Tempat Kelahiran Drakula! Inilah Fakta Tentang Kastil Corvin, Lokasi Syuting Film The Nun

Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Bingung
0
Bingung
Sedih
0
Sedih
Marah
0
Marah
Suka
0
Suka
Ngakak
0
Ngakak
Takjub
0
Takjub
Syaipul.A

Dafunda Gokil Team *Mysterious Boy*

0 Komentar

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik