Malaysia ingin Klaim Silat Milik Mereka, Apakah Karena Kalah dalam Asian Games 2018?

Akibat Kalah Asian Games, Malaysia Ingin Klaim Silat Milik Mereka Dafunda Gokil

Dafunda Gokil – Apakah kalian sudah menonton partai final Asian Games khususnya Silat? Nah, disana atlet Malaysia kalah dengan atlet Indonesia. Dan itu ternyata memancing emosi atlet Malaysia dan merusak beberapa fasilitas yang ada disana.

Nah berbicara mengenai hal itu, Malaysia baru – baru ini dikabarkan akan mengklaim Silat adalah milik mereka. Padahal seperti yang kita tahu, bahwa Silat adalah budaya yang berasal dari Indonesia. Mulai dari kebudayaan Reog Ponorogo, Lagu Rasa Sayange dan lain-lain.

Akibat Kalah Asian Games, Malaysia Ingin Klaim Silat Milik Mereka Silat

Namun demikian hubungan dengan tetangga sebelah itu bukan berarti tidak baik. Sebaliknya, semua menghargai keputusan dari UNESCO yang kebanyakan memenangkan Indonesia atas klaimnya karena memiliki bukti yang kuat. Ya jelas saja, karena itu memang milik Indonesia.

Nah, setelah Malaysia mengklaim Silat berasal dari budaya mereka. Lantas setelah mendengar kabar tersebut, jelas membuat Dirjen dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan yaitu hilmar Farid geram dan sebagai wakil dari Indonesia beliau melakukan tindakan tegas dengan memberikan bukti-bukti yang kuat kepada UNESCO bahwa Pencak Silat memang asli milik bangsa Indonesia.

Akibat Kalah Asian Games, Malaysia Ingin Klaim Silat Milik Mereka Mentri


“Yang kita lakukan dari kajian ini adalah menuliskan kronologinya itu, kemudian bagaimana perkembangannya dari waktu ke waktu sehingga itu kemudian menjadi seperti sekarang. Sejauh ini kajian itu cukup efektif menegaskan sebetulnya silat itu dari Indonesia,” 


Nah, bagaimanakah menurut kalian? Apakah, karena kalah di partai final Asian Games, Malaysia sampai mengklaim silat adalah budaya mereka? Sebagai rakyat Indonesia, apakah kalian setuju tentang hal itu? Tentu saja tidak, karena seperti yang kita tahu Silat adalah budaya asli Indonesia. Ada-ada saja negara tetangga ini ya. Semoga Indonesia bisa memenangkan klaim ini ke pihak UNESCO.

ARTIKEL TERKAIT
Israel Seharusnya Ikut Asian Games 2018, Lantas Kenapa Tidak Ada?

Ayo mulai berdiksusi