Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita Yang Berjualan Ayam Agar Bisa Bangun Masjid Di Kampungnya! Dafunda Gokil
in

Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya!

Dafunda Gokil – Setiap manusia ataupun siapapun pasti pernah memiliki sebuah mimpi atau impian yang sangat mulia. Impian setiap orang tentu harus dicapai dengan susah payah ataupun sudah dimudahkan sejak kita lahir. Untuk mencapai impian tersebut, kita harus mencari rezeki ataupun melakukan segala hal untuk dapatkan peluang kesuksesan tersebut.

Berbicara mengenai hal itu, ada sosok seorang wanita inspiratif bernama Suciati Salim Riyanto Raharjo. Kerja keras serta kegigihannya berdagang ayam semenjak kecil, telah mengantarkan kesuksesan di masa depan. Hebatnya, ia juga telah berhasil mewujudkan mimpi untuk membangun sebuah masjid di kampung halamannya.


Mempunyai bakat dagang dari seorang ibu

Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya 1 - Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya! | Dafunda Gokil

Jiwa dagang rupanya telah mengalir di dalam diri Suciati. Ia mewarisi bakat itu dari sang ibu sendiri yang saat itu berjualan di pasar teban, Yogyakarta. Kegiatan sehari-hari Suciati sebelum bersekolah adalah mengantar sang ibu dengan membonceng sebuah sepeda onthel tua.

“Setiap pagi jam 6 itu berangkat naik sepeda onthel memboncengkan ibu ke pasar.”


Mencoba keberuntungan berdagang ayam

Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya 2 - Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya! | Dafunda Gokil

Disela – sela saat membantu ibunya berjualan, Suci dianjurkan untuk mencoba mandiri dengan berdagang ayam. Dengan modal uang sebesar Rp 175, ia membeli 5 ekor untuk dijual kembali. Saat itu, tak ada pedagang ayam di Pasar Teban. Praktis, usahanya pun kian berkembang semakin pesat dari hari ke hari.  Itulah jalan ia untuk menuju kesuksesan.

ARTIKEL TERKAIT
7 Fakta Menarik Nashwa Zahira, Peserta Indonesian Idol Cantik yang Bikin Rizky Febian Klepek-Klepek!

Sukses kembangkan bisnis peternakan dan rumah potong ayam

Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya 3 - Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya! | Dafunda Gokil

Suci sendiri awalnya membangun usahanya yaitu RPA pada tahun 1989.  Hal ini berkaitan dengan tawaran kerjasama usahanya dengan sebuah merek waralaba ayam goreng terkenal asal Amerika Serikat. Kemudian, ia mendirikan sebuah rumah potong kedua pada 2009 di Jombang, Jawa Timur yang dinamai RPA Suciati Raharjo. Dari kedua usahanya ini, Suciati sanggup menjual 100 ton ayam potong.


Impian yang mulia saat kecil pun terwujud…

Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya 4 - Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya! | Dafunda Gokil

Hingga pada Akhirnya, Suciati berhasil membangun sebuah masjid megah yang berdiri di atas tanah seluas 1.600 meter persegi. Rumah ibadah ini ia beri nama Masjid Suciati Salman. “Desain masjid ini menyerupai Masjid Nabawi di Madinah, dulu saya melihat, langsung jatuh cinta dan ingin membuat yang seperti itu di sini.


Kisah hidup yang patut diteladani

Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya 5 - Beginilah Kisah Haru Perjuangan Wanita yang Berjualan Ayam agar Bisa Bangun Masjid di Kampungnya! | Dafunda Gokil

Menabung selama 23 tahun, Suciati melewati perjuangan yang begitu berat hingga ia berhasil dalam usaha dan meraih impiannya membangun masjid.

Hal ini tak lain karena falsafah hidup jawa yang ia pegang sedari muda. Urip iku urup. Sebuah pepatah jawa yang berarti memberikan manfaat pada sesama.  Nah, begitulah kisah haru seorang wanita yang memiliki cita – cita mulia yang akhirnya terwujud.

Syaipul.A

Dafunda Gokil Team, Suka K-pop lebih dari Apapun

Ayo mulai berdiksusi