Dilakukan Setiap Hari, Ternyata 3 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Faktor Pemicu Kerusakan Otak Kalian!

Dafunda Gokil – Pada umumnya, kerusakan otak bisa terjadi karena sebuah musibah yang menimpa kita, seperti kecelakaan dan lain – lain. Tapi, apakah kalian pernah berpikir, bahwa aktivitas yang kita lakukan sehari-hari bisa menjadi faktor pemicu kerusakan otak kita? Nah, berbicara mengenai hal itu, kali ini kami akan memberikan beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu kerusakan otak kalian. Penasaran? Cek di bawah ini.

Dilakukan Setiap Hari, Ternyata 3 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Faktor Pemicu Kerusakan Otak Kalian!


1. Berbohong, ternyata bisa membuat otak kita rusak loh!

Dilakukan Setiap Hari, Ternyata 3 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Faktor Pemicu Kerusakan Otak Kalian! Berbohong

Tahukah kalian, ternyata berbohong bukan hanya berdampak buruk bagi agama ataupun harga diri kita. Tetapi juga bisa menjadi salah satu pemicu rusaknya otak kita. Menurut Arthur Marksman, Ph.D selaku Dosen Psikologi di Texas University. Kepada Lifehacks, ia mengutarakan jika ketika kita berbohong, maka tubuh akan melepas kortisol ke dalam otak.

Setelah beberapa menit, otak akan mencoba mengingat kebohongan dan kebenaran. Hal ini membuat otak cukup kesulitan dalam mengambil keputusan dan berakibat menjadi kemarahan. Bisa dibayangkan jika kita melakukan kebohongan itu terus menerus. Otak akan dipaksa untuk mengambil keputusan yang tidak berdasarkan fakta sehingga membuatn otak kita jadi lemah.


2. Begadang, adalah salah satu penyebab otak kita rusak!

Dilakukan Setiap Hari, Ternyata 3 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Faktor Pemicu Kerusakan Otak Kalian! Begadang

Nah, kalian juga pasti sudah tahu bahwa begadang tidak ada gunanya dan akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan kita. Tak terkecuali menjadi penyebab pemicu kerusakan otak kita. Menurut Sigrid Veasey, MD selaku peneliti dari University of Pennsylvania, jika kurang tidur lebih dari tiga hari akan merusak 25 sampai 30% sel otak. Parahnya lagi, sel-sel tersebut tidak akan bisa kembali seperti semula meskipun sudah membalaskan tidur selama berjam-jam.


3. Makanan instant, enak diperut, dampak di otak!

8 makanan yang menemani anak kos akhir bulan

Di era modern ini, banyak sekali makanan cepat saji atau instant. Tetapi, apakah kalian tahu bahwa makanan seperti itu bakal berdampak buruk bagi otak kita? Nah, makanan seperti ini memang enak banget dikunyah dan buat cemilan gitu. Tetapi, makanan seperti ini juga akan membuat kinerja otak kita.

Dilansir dari Behavior and Immunity yang di dalamnya menunjukkan jika mengonsumsi makanan cepat saji dalam waktu seminggu, lemak baik tergantikan oleh yang jahat di otak. Sehingga lemak jahat ini memperlambat kemampuan untuk belajar hal-hal baru.

ARTIKEL TERKAIT
RIP Musical.ly, Bytedance Technology Co Resmi Tutup Aplikasi itu Demi Tiktok

Ayo mulai berdiksusi