Ingin Tahu Bagaimana Cara Kerja dari Mesin Pencari Google? Baca Disini!


cara kerja google

Setiap orang yang berselancar di internet pasti tahu dengan mesin pencari nomor satu di dunia ini, Google. Sebagian dari kita pasti bingung bagaimana sih cara kerja Google ini. Apakah Google akan mencari satu per seatu website yang ada di dunia? Atau yang empunya website ini mendaftarkan web-nya ke Google?

Ya, banyak orang yang beranggapan demikian. Tapi sebenarnya tidak, Google lebih hebat dari bayangan kita semua. Ada sebuah mekanisme program yang sudah dirancang untuk mencari seluruh informasi di website-website yang ada di Internet dan dikumpulkan menjadi satu.

Kamu hanya menulusuri Hasil Indeks Google

Ketika mencari sesuatu dan mengetikkan keyword-nya di Google, kita hanya akan mencari keyword tersebut di Hasil Indeks Google. Hasil indeks sudah dikelola dengan sangat baik sehingga akan menampilkan pencarian yang akurat.

Misalnya, kamu ingin mencari informasi tentang “Smartphone Terbaik”, keyword tersebut akan dicocokkan dengan Hasil Indeks Google, dimana terdapat lebih dari 60 triliun halaman web yang dimiliki Google dan akan terus bertambah. Dari sebanyak itu, akan dipilih mana yang cocok dengan keyword “Smartphone Terbaik”.

ARTIKEL TERKAIT •
Ilmuan akhirnya menemukan gen yang bisa membuat manusia berumur lebih dari 100 tahun

Bagaimana Google mengindeks halaman tersebut?

Setelah cara pencarian, kita juga harus tahu cara Google mendapatkan hasil 60 triliun halaman web tersebut. Google memiliki sebuah software yang bernama Spider, Google Spider bertugas untuk mencari halaman web baru yang diterbitkan setiap detiknya dan kemudian dimasukkan ke database indeks Google.

Kok pencarian Google sangat akurat?

Dari keyword yang telah dimasukkan, bagamana Google memberikan hasil pencarian terbaik yang diinginkan si pencari?

cara kerja google

Inilah tugas Algoritma Google. Harus kamu ketahui, Google memiliki beberapa Algoritma, seperti Google Panda, Penguin, Hummingbird, Pideon dan Pirate. Dari algoritma inilah jutaan hasil pencarian tersebut diseleksi dan ditentukan prioritasnya, mulai dari spam hingga halaman yang benar-benar berkualitas.

Google tidak menerima pembayaran untuk hasil pencarian

Jika kamu ingin website milikmu tampil dibagian terdapat Google, pelajari SEO dan syarat-syarat apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi yang pertama. Karena Google tidak menerima bayaran hanya untuk menjadikan halaman web-mu sebagai pencarian pertama di Google.

Ada dua jenis pencarian di Google, Ads dan Reguler. Hasil dari Ads biasanya ditandai dengan background warna, sehingga pengguna bisa mengenali kalau itu adalah Ads.

ARTIKEL TERKAIT •
Kebayang Kalau Sinetron Indonesia Pake Judul Bahasa Inggris? Yuk Cek Di sini!

Google tidak akan menampilkan iklan yang tidak sesuai dengan keyword

Satu hal yang harus diakui, Google tidak akan pernah menampilkan iklan yang tidak sesuai dengan keyword. Google tidak akan menberikan hasil dari keyword “Smartphone Terbaik” dan menampilkan hasil dari Laptop terbaik. Never Ever!


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Bingung
0
Bingung
Sedih
0
Sedih
Marah
0
Marah
Suka
0
Suka
Ngakak
0
Ngakak
Takjub
0
Takjub
Kautsar Juhari

Founder & CEO Dafunda Community. Anime Favorit saya Gintama, Film Favorit Forrest Gump, dan Game yang paling sering saya mainkan adalah Pro Evolution Soccer.

0 Komentar

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek dan Pop-culture
Daftar / List
Daftar atau List Klasik yang Sering kamu temukan di dunia maya
Peringkat
List Peringkat yang Bisa di Upvote atau Downvote oleh Komunitas untuk menentukan Urutan Terbaik