Yadian Menjawab untuk Jokowi Menjawab
in

Berkat #YadianMenjawab, Jokowi Jadi Tahu Apa Itu Hokage dan Naruto!

Akhirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahu apa itu istilah Hokage dari seri komik dan anime populer, Naruto karya Masashi Kimimoto.

Sebelumnya dalam vlog #JOKOWIMENJAWAB episode 2 yang diunggah pada April 2017, Presiden Jokowi mendapatkan sebuah pertanyaan yang sangat sulit. Pertanyaan dari anak yang bernama Yadian ini berbunyi, “Siapakah yang menjadi hokage ke delapan dalam anime Naruto?”

Pada video tersebut, Jokowi tampak binggung dengan pertanyaan diatas dan bicara apa adanya. “Saya enggak tahu Hokage ke delapan. Naruto, saya enggak ngerti,” kata Jokowi dalam video tersebut. Presiden meminta agar Yadian untuk membuat kembali video yang menjelaskan ke Apa itu Hokage dan Naruto kepada dirinya. “Hokage ke delapan itu apa, kemudian Naruto tuh siapa?” kata Jokowi.

Yadian lalu memberikan penjelasan Hokage dan Naruto tersebut dalam video yang diunggah sekitar lima jam yang lalu. Video yang diberi judul #YadianMenjawab ini sudah ditonton lebih dari 25 ribu kali.

“Saya ini mau memberi tahu pengertiannya hokage dan konoha itu apa. Hokage itu secara harfiah berarti bayangan api. Hokage adalah gelar yang diberikan kepada pemimpin desa Konohagakure (nama desa Naruto).” Yadian juga memperkenalkan tujuh nama Hokage yang pernah memimpin desa Konohagakure mulai dari Hashirama Senju (hokage pertama) hingga Uzumaki Naruto (hokage ketutuh).

ARTIKEL TERKAIT
Ikut Bangga, Inilah 10 Pujian Warga Korea Selatan Tentang Aksi Presiden Jokowi di pembukaan Asian Games 2018!

Secara kebetulan, ia juga berharap Jokowi memiliki sifat kepemimpinan seperti Naruto karena sama-sama pemimpin ketujuh. “Pas banget, Pak, di Indonesia ini Presidennya sekarang ketuju, yaitu Bapak Jokowi. Di Konoha ini Hokagenya sekarang ketujuh yaitu Naruto. Uzumaki Naruto kepemimpinannya tentram, damai, alim dan disiplin. Jadi bisa nggak Bapak negera Konoha,” tanya Yadian.

Menanggapi harapan Yadian, Jokowi menulis, “Apakah saya mampu menjadikan negara kita seperti Konoha dalam kepemimpinan Uzumaki Naruto yang tentram, damai, alim, dan disiplin? Saya jawab Insya Allah. Dengan izin Allah dan kerja keras kita semua, pasti bisa.”
Jokowi juga akan menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke pondok pesantren yang ditempati Yadian, yaitu Pondok Pesantren Al-Khoirot di Malang, Jawa Timur.

Kautsar Juhari

Founder Dafunda Community. Menghabiskan waktu luang dengan bermain Game Pro Evolution Soccer. Film terbaik menurut saya Forrest Gump, dan Anime kesukaan Gintama.

Ayo mulai berdiksusi