Jendela Oval Pesawat 3
popularmechanics
in

Ternyata Ada Insiden Dibalik Alasan Mengapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval

Pesawat merupakan salah satu transportasi yang membuat kita mencapai tujuan dengan waktu singkat. Apalagi untuk kamu para traveler yang suka berkeliling dunia, pesawat juga diakui memiliki tingkat keamanan yang terbilang tinggi. Tapi pernahkah kamu memperhatikan jendela pesawat? Bentuknya oval, kan? Kamu tahu gak alasan mengapa jendela pesawat itu bentuknya oval?

Insiden pesawat dengan jendela persegi panjang

jendela oval pesawat - Ternyata Ada Insiden Dibalik Alasan Mengapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval | Dafunda Gokil
telegraph

Seperti yang dilansir oleh News.com.au, kecelakaan pada tahun 1954, pesawat de Havilland Comet meledak di angkasa hanya 15 menit setelah lepas landas. Jet yang berangkat dari Roma menuju London dan membawa 35 penumpang dan kru itu, jatuh di Laut Mediterania. Beberapa bulan sesudahnya, 21 kru dan penumpang pesawa Comet tewas dalam penerbangan dari London menuju Johannesburg, Afrika Selatan. Pesawat itu lagi-lagi jatuh di Laut Mediterania.

Beberapa insiden pesawat itu mendorong Menteri Transportasi Inggris memberhentikan penerbangan pesawat jenis tersebut. Sementara itu, jenazah korban kecelakaan pesawat itu menunjukkan cedera serupa, yakni keretakan tengkorak dan pecahnya paru-paru.

ARTIKEL TERKAIT
Nikmati Sensasi Keliling Dunia dengan 14 Panorama Foto Udara Ini

Akhirnya penyebab kecelakaan dua pesawat ini terungkap. Dilansir oleh Telegraph, jendela pesawat Comet yang berbentuk persegi panjang menjadi sebab utama terhadap kelelahan logam (fatigue) – kecenderungan logam untuk patah bila menerima tegangan berulang – yang menyebabkan kecelakaan pesawat tersebut.

jendela oval pesawat 1 - Ternyata Ada Insiden Dibalik Alasan Mengapa Jendela Pesawat Berbentuk Oval | Dafunda Gokil
dailymail

Sudut tajam jendela membuat logam tersebut menerima tekanan ekstra disekitarnya, dua sampai tiga kali lebih besar daripada pesawat pada umumnya. Tegangan yang terkonsentrasi di setiap sudut jendela menyebabkan logam pesawat menjadi lelah.

Setelah dilakukan penyelidikan, de Havilland membuat sejumlah perubahan pada desain pesawat, termasuk mengubah jendela menjadi oval. Dengan demikian, tegangan mengalir lebih merata di sekitar tepi jendela.

Kautsar Juhari

Founder Dafunda Community. Menghabiskan waktu luang dengan bermain Game Pro Evolution Soccer. Film terbaik menurut saya Forrest Gump, dan Anime kesukaan Gintama.

Ayo mulai berdiksusi